Self Talk Seorang Muslim

 Ketika saya masuk dalam grup yang membahas tentang self talk, ternyata banyak sekali dari mereka yang ingin berbuat baik, menghilangkan rasa malas, trauma dan banyak lagi hal- hal yang negatif.


Banyak orang yang mengikuti training baik berbayar dan gratis sekalipun yang bermuaranya menjadi satu menjadi orang yang baik menghilangkan kebiasaan buruk darinya.


Bagaimana dalam pandangan islam

Dijelaskan dalam alquran

"Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kamu kepada Alloh dan katakanlah perkataan yang benar niscaya Alloh memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barang siapa mentaati Alloh dan rasulnya, maka sesungguhnya ia telah mendapatkan kemenangan yang besar"


Sesungguhnya sebenar-benarnya ucapan adalah kitabullah, sebaik-baik petunhuk adalah petunjuk rasullullah saw, seburuk-buruknya urusan (ibadah) adalah yang diada-adakan, setiap ibadah yang diada-adakan adalah bid'ah, setiap bid'ah adalah kesesatan dan disetiap kesesatan adalah Naar tempat kembalinya.


Apa maksud dari hal tersebut adalah diciptakannya manusia, bahkan seluruh mahkluk adalah beribadah kepada Alloh yang maha tunggal dan tidak ada sekutu baginya

Seperti firman Alloh

"Tidaklah kuciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepadaku"


Alloh juga berfirman dalam surat Ar rum :30


" maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Alloh) tetaplah atas fitrah Alloh yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah alloh


Dalam hadist juga diriwayatkan

"Setiap anak manusia dilahirkan dalam fitrahnya"

"Sesungguhnya aku telah menciptakan hamba-hambaku seluruhnya dalam keadaan lurus"

Artinya dalam keadaanbmuslim yang bertauhid

(Hr .muslim)


Tapi syetan adalah makhluk yang menggoda manusia, karena kesombongan dan membangkang perintah Alloh akhirnya Alloh keluarkan syetan dari surga dan meminta kepada Alloh untuk mengganggu manusia sampe hari kiamat.

Pada hakikat fitrah manusia dalam keadaan baik akan terpolusi dari godaan syetan berupaya mengajak manusia kedalam keburukan melanggar perintah Alloh dan rasulnya.

Dalam suatu hadis rasulullah saw bersabda

" berkatalah yang baik atau diam"

Selama kita berpegang teguh dengan agama alloh, alloh akan menolong kita bahkan apa yang kita lakukan adalah karena Alloh yang gerakan, bukan lagi keinginan kita hawa nafsu kita tapi lebih kepada karena kita menolong agama Alloh dengan salah satunya berkata benar mengamalkan kitabullah dalam kehidupan.

Alloh jadi sandaran hidup

Dan menjadikan pilar ketaatan mentauhidkan Alloh, bukan sekedar ucapan tapi perilaku dan tidak pernah menyekutukan Alloh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dalam Kenakalan Anak Ada Kecerdasan

3 Stimulasi Dasar yang Harus dimiliki Orang Tua

Kesehatan Mental: Realitas yang Sering Dikaburkan